servicemobilgue@gmail.com
0821 2494 5550

Tips Merawat Battery Mobil

Posted by: adm1nistr4tor
Category: Battery Mobil

Baterai mobil adalah bagian penting dari sebuah mobil. Dari mulai suplai kelistrikan mobil Anda hingga mengisi Tips Merawat Battery Mobildaya ponsel Anda saat bepergian. Itulah mengapa sangat penting untuk mengetahui kapan harus mulai mempertimbangkan penggantian aki mobil, serta apa yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang masa pakainya.

Rata rata usia battery Mobil

Rata-rata, aki mobil bertahan antara 2 dan 5 tahun. Salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi berapa lama aki mobil akan bertahan adalah cuaca. Mesin berjalan di bawah kap mesin sudah menghasilkan tingkat panas yang tinggi. Hal yang dapat meningkatkan kemungkinan baterai mati jika Anda tidak merawatnya dengan baik.

Cuaca hangat dapat menyebabkan cairan pada baterai mobil menguap, merusak struktur internal baterai. Itu sebabnya daya tahan baterai rata-rata lebih pendek di iklim yang lebih dingin. Jadi, ketika memperkirakan berapa lama masa hidup baterai mobil Anda sangatlah berbeda beda tergantung pemakaian dan suhu lingkungan.

Terlepas dari suhu yang Anda kendarai, merawat baterai mobil Anda dengan benar dapat membuatnya tetap bekerja dengan baik.

Berikut 7 Tips merawat battery agar usia battery anda panjang:

  1. Batasi Perjalanan Singkat

    Perjalanan pendek membuat baterai mobil Anda tidak terisi penuh, sedangkan daya berkurang banyak saat digunakan untuk starter / menghidupkan mesin. Pertahankan daya baterai mobil Anda dengan sering mengendarainya dan untuk periode yang lama. Jika Anda tidak sering menggunakan mobil Anda, lepaslah terminal battery untuk mengurangi pengeluaran arus kelistrikan mobil.

  2. Pastikan terminal battery terikat kencang

    Baterai yang tidak diikat dengan aman , berpotensi mengakibatkan kerusakan internal dan korsleting. Periksalah terminal baterai Anda secara teratur – terutama jika Anda sering berkendara di jalan bergelombang – untuk memastikannya terpasang dengan benar dan benar di braket pemasangan.

  3. Matikan Semua Lampu Saat Anda Keluar
    Membiarkan menyala lampu depan dan lampu pintu mobil Anda secara tidak sengaja dapat membuat baterai mobil Anda sangat terbebani. Agar Anda tidak lupa, tempelkan catatan di dasbor Anda, pasang pengingat stiker di remote mobil Anda atau parkir ke arah di mana Anda harus berjalan melewati lampu depan untuk mencapai tujuan Anda.
  4. Kontrol Korosi

    Terminal baterai mengalami korosi dari waktu ke waktu tetapi menjaga kebersihannya dari penumpukan adalah cara yang bagus untuk memperpanjang masa pakai baterai mobil Anda. Gosok terminal dengan sikat gigi yang dicelupkan ke dalam soda kue dan campuran air. Kemudian, dengan menggunakan botol semprot dengan air dingin, bilas campuran dan lanjutkan dengan pengeringan menyeluruh dengan kain bersih.

  5. Tes Baterai Anda Sering

    Mengetahui kondisi baterai mobil Anda penting ketika Anda ingin memaksimalkan masa pakainya. Uji level tegangan output baterai Anda dengan tester baterai, cek juga ketinggian air battery. Pastikan diantara upper dan lower level.

  6. Jangan Menggunakan Elektronik Saat Mesin tidak hidup

    Matikan fungsi seperti radio atau AC ketika mesin Anda tidak bekerja untuk mengurangi daya baterai. Karena dalam kondisi ini pengisian/ Dinamo ampere tidak bekerja, sehingga battery cepat kosong dan rusak.

  7. Rawat Mobil anda secara Keseluruhan dan rutin

    Mobil Anda terdiri dari banyak bagian yang bekerja bersama. Memastikan Anda membawa mobil Anda untuk service rutin, serta menyimpan kendaraan Anda dengan baik juga merupakan cara sederhana untuk memastikan masa pakai baterai Anda dapat mencapai kapasitas penuhnya. Baterai hanyalah salah satu komponen dari mobil yang berjalan dengan baik, jadi pastikan untuk memelihara dengan baik semua bagian mobil Anda untuk memperpanjang umur dan umur baterai Anda.

Author: adm1nistr4tor

Leave a Reply