servicemobilgue@gmail.com
0823-2926-8125

Mesin Mobil Karburator vs Injeksi

Posted by: adm1nistr4tor
Category: Mobil karburator vs Injeksi

Mesin Mobil Karburator VS Mobil Injeksi, Mana yang Lebih Baik?

mesin mobil karburator vs injeksiMencoba mencari fakta mengenai mesin mobil karburator vs mobil injeksi kerap dilakukan, sekalipun mobil masa kini semuanya sudah memakai mesin injeksi. Membandingkan kedua jenis mesin mobil ini bisa dikatakan seperti membandingkan antara jam digital dengan jam analog. Keduanya sama-sama menunjukan waktu, hanya berbeda pada mekanisme kerja dan tampilan angkanya.

Mengenal Perbedaan Mesin Karburator dan Injeksi

Kembali ke analogi jam analog dengan jam digital, tampilan jam digital akan menunjukan satu angka yang mempresentasikan waktu. Sedangkan jam analog menampilkan 13 angka yang waktunya ditunjukan oleh letak atau posisi jarum jam. Keduanya memiliki fungsi sama dan masih dimanfaatkan sampai sekarang, pembedanya adalah generasinya. Sebab jam analog merupakan generasi pertama sedang digital merupakan generasi terbaru.

Analogi tersebut sama persis ketika membandingkan mesin mobil karburator vs mobil injeksi, meski kurang bijak karena lahir di generasi berbeda. Bukan berarti keduanya tidak memiliki perbedaan yang tentunya tetap perlu dicermati. Sehingga ketika berencana membeli mobil, khususnya mobil bekas bisa memilih jenis mesin yang mana yang memang paling sesuai.

Adapun detail perbandingan antara kedua jenis mekanisme mesin mobil tersebut, antara lain:

  1. Mesin Injeksi

    Pada mobil yang mempergunakan sistem mesin injeksi akan dijumpai proses pembakaran dimulai dari penyaluran bahan bakar melalui injektor. Injektor ini juga terletak di tengah bagian komponen leher angsa atau Indirect Injection. Bahan bakar mengalir dengan tekanan tinggi yang berasal dari aki atau sumber kelistrikan.

    Kondisi sistem pembakaran semacam ini kemudian menyuguhkan beragam kelebihan, diantaranya adalah:

    • Konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien karena pembakaran menjadi lebih sempurna.
    • Pembakaran sempurna pada sistem injeksi membuat emisi gas buang lebih rendah sehingga ramah lingkungan.
    • Mesin mobil menjadi lebih mudah dihidupkan sekalipun dalam kondisi atau di tengah cuaca dingin.
    • Bisa dikombinasikan dengan beragam perangkat elektronik di dalam kabin.

    Kelebihan tersebut kerap menjadikan mobil masa kini sebagai pilihan lebih baik dibanding mobil rakitan jaman dulu. Padahal jika dilihat lebih detail mesin injeksi juga memiliki kekurangan, seperti mesin lebih sensitif terhadap kualitas bahan bakar. Sehingga penggunaan bahan bakar dengan oktan rendah membuatnya rentan bermasalah.

  2. Mesin Karburator

    Membahas mesin mobil karburator vs mobil injeksi maka perlu membandingkan proses pembakarannya. Jika pada injeksi memakai sistem aliran bahan bakar memakai tekanan dari aki, maka tidak demikian dengan karburator. Sistem karburator membuat bahan bakar seperti disemprot ke saluran penghubung tangki bahan bakar.

    Semakin kuat tekanan ketika menyemprot maka semakin maksimal proses pengkabutannya. Sistem karburator juga memiliki kelebihan, seperti:

    • Komponen mesin di bagian bahan bakar lebih sederhana sehingga mudah dibongkar.
    • Mesin mobil cenderung lebih tahan terhadap kualitas bahan bakar yang digunakan, sehingga memakai oktan rendah pun bukan masalah.
    • Apabila terjadi kerusakan maka mudah untuk ditangani dan dibersihkan, bahkan oleh pemilik mobil yang pemahaman soal otomotif masih terbatas.

    Mesin mobil dengan sistem karburator meski tidak terlalu sensitif terhadap kualitas bahan bakar, sehingga biaya operasionalnya lebih minim. Ternyata emisi gas buangnya lebih tinggi sehingga kurang ramah lingkungan. Ditambah lagi mesin mobil perlu dalam kondisi panas supaya bisa dihidupkan.

Mengenal perbedaan detail antara mesin karburator dengan mesin injeksi akan membantu memilih mobil impian dengan bijak. Sekaligus paham bagaimana merawat pilihan yang diambil, dimulai dari pemilihan bahan bakar yang kurang tepat. Memahami ulasan mesin mobil karburator vs mobil injeksi tentu akan sangat bermanfaat.

Author: adm1nistr4tor

Leave a Reply