servicemobilgue@gmail.com
0823-2926-8125

Indikator Kampas Rem Mobil Habis

Posted by: adm1nistr4tor
Category: Kampas Rem Mobil

Inilah Indikator Kampas Rem Mobil Habis yang Wajib Diketahui

Indikator Kampas Rem Mobil HabisTidak sulit untuk mengetahui indikator kampas rem mobil habis karena bisa dirasakan beberapa perubahan secara signifikan. Sehingga tanpa harus melihat kondisi kampas rem secara langsung, pemilik mobil sudah bisa mengetahui kalau masa pakainya sudah selesai. Kampas rem memang berperan sangat vital untuk sistem pengereman kendaraan, termasuk pula pada mobil.

Masa pakainya sendiri memang mudah habis khususnya jika sering mengerem mendadak dan melintasi jalanan menanjak maupun menurun. Masa penggantiannya tidak bisa dihitung dari jarak tempuh maupun dari jangka waktu pemakaian. Namun bergantung dari intensitas penggunaan mobil dan kondisi jalanan sekaligus cara mengemudi mobil itu sendiri.

Beberapa Indikator Kampas Rem Habis

Berhubung kampas rem ini mendukung sistem pengereman maka pastikan diganti secara berkala dan jangan sampai terlambat. Berikut indikator kampas rem mobil habis supaya bisa segera melakukan penggantian:

  1. Injakan Rem Menjadi Lebih Dalam

    Salah satu tanda yang mudah untuk dikenali sebagai pertanda kampas rem habis adalah pijakan pada pedal rem yang semakin dalam. Semakin tipis kampas rem semakin dalam pijakan pedal untuk mengerem mobil. Baiknya tidak dibiarkan sebab bisa jadi kampas rem sudah benar-benar habis yang tentunya malah berbahaya.

  2. Rem Terasa Bergetar

    Permukaan kampas rem yang menipis perlahan akan menjadi kurang rata sehingga ketika mengerem mobil. Nantinya akan muncul getaran, awalnya getaran halus dan semakin lama semakin terasa. Apalagi jika sering memacu mobil dengan kecepatan tinggi maka kenali perubahan saat mengemudi untuk mengetahui kondisi kampas rem.

  3. Muncul Bunyi Saat Melakukan Pengereman

    Kampas rem yang menipis juga ditandai dengan munculnya bunyi sewaktu menginjak pedal rem. Maka bisa disimpulkan bahwa salah satu indikator kampas rem mobil habis adalah adanya bunyi mendecit. Jika sudah mendengar bunyi ini maka bisa segera mengecek kondisi kampas rem, untuk kemudian menggantinya dengan yang baru.

  4. Kampas Rem Terlihat Menipis

    Apabila memutuskan untuk mengecek kondisi kampas rem secara langsung maka bisa memperhatikan permukaan amplasnya. Kampas rem yang habis masa pakainya tidak akan memiliki permukaan amplas yang cenderung kasar. Sebab sudah terkikis habis, maka jika bagian kasar ini sudah halus tandanya kampas rem perlu segera diganti.

  5. Adanya Rembesan Minyak Rem

    Pemasangan kampas rem perlu diimbangi dengan pemberian cairan pelumas, alias minyak rem. Ketika kondisi kampas rem sudah halus atau terkikis maka minyak rem ini akan mudah merembes atau menetes. Tandanya jika menjumpai rembesan minyak rem otomatis kampas rem perlu dicek dan diganti. Sebab normalnya minyak rem ini terserap bagian amplas kampas rem.

Kampas rem memang memiliki masa pakai yang terbilang terbatas, apalagi jika sering melakukan pengereman mendadak. Melintasi jalanan yang butuh sistem pengereman juga membuat  kampas rem dengan cepat habis. Maka penting untuk melakukan pengecekan rutin untuk memastikan sistem pengereman tidak mengalami kebobolan.

Gunakan kampas rem yang memang original sesuai standart pabrik dari pembuat mobil yang dimiliki. Supaya daya tahannya baik dan mencegah resiko kampas rem cepat aus, meskipun harganya sendiri lebih mahal. Tentunya tidak menjadi masalah selama masa pakainya lebih lama sehingga pada akhirnya tetap lebih hemat.

Meskipun masa pakainya tidak bisa dikatakan panjang bukan berarti kampas rem perlu diganti setiap bulan. Kenali kapan waktu yang tepat untuk menggantinya dengan mengecek tanda-tanda yang dijelaskan di atas. Lewat indikator kampas rem mobil habis yang disebutkan maka resiko terlambat mengganti bisa dihindari.

Author: adm1nistr4tor

Leave a Reply