servicemobilgue@gmail.com
0821 2494 5550

Cara Mengganti Wiper Mobil

Posted by: adm1nistr4tor
Category: Kampas Rem Mobil

Begini Cara Mengganti Wiper Mobil yang Bisa Dilakukan Sendiri

Cara Mengganti Wiper Mobil Wiper menjadi komponen penting untuk menemani perjalanan naik mobil di tengah guyuran hujan, tidak ada salahnya tahu cara mengganti wiper mobil sendiri. Sehingga ketika menjumpai kondisi wiper ini sudah kurang enak dipakai dan kinerjanya menurun. Bisa langsung dilakukan penggantian, untuk memastikan jarak panjang tetap maksimal meski hujan deras mewarnai perjalanan.

Langkah-Langkah Mengganti Wiper

Apabila masih bertanya-tanya mengenai tata cara mengganti wiper mobil maka bisa menyimak uraiannya di  bawah ini:

  1. Pertama siapkan wiper baru yang sudah dibeli dari bengkel maupun toko sparepart terdekat dan terpercaya.
  2. Langkah berikutnya adalah mengangkat wiper dari kaca mobil, dan pastikan posisi wiper ini tidak bersentuhan dengan kaca mobil.
  3. Taruh kain ataupun handuk di atas permukaan kaca depan mobil sebagai pelindung jikalau ada bagian wiper yang berjatuhan ke kaca saat dilakukan penggantian. Serpihan wiper ini bisa meninggalkan jejak di kaca sehingga menjadi kusam dan buram.
  4. Setelah posisi wiper terangkat sempurna dari kaca mobil maka bisa mencari bilah wiper yang menghubungkan ujung atas dengan bagian bawah.
  5. Lepaskan pengait yang menghubungkan bilah wiper mobil yang dimiliki.
  6. Lalu bersihkan bilah wiper yang menjadi tempat busa tipis di ujung wiper yang menyapu kaca ketika diaktifkan.
  7. Setelah dipastikan bersih lepaskan rumah atau frame tempat busa tadi dengan membuka pengait yang menghubungkannya dengan bagian bawah wiper.
  8. Tarik atau lepaskan karet yang berada di dalam bilah wiper tadi, kemudian diganti atau disi dengan karet baru yang dibeli sebagai pengganti.
  9. Cek kembali posisi karet baru yang dipasang untuk memastikan berada tepat di dalam bilah wiper.
  10. Selanjutnya bisa memasang atau menghubungkan tulang wiper yang merupakan besi panjang yang menjadi wadah bilah wiper berisi karet tadi.
  11. Kunci besi panjang tersebut dengan menekannya hingga terdengar bunyi klik.
  12. Sampai disini wiper baru yang disiapkan sudah bisa dipasang kembali ke lengan wiper dan bisa digunakan langsung untuk mengecek.

Karet pada wiper biasanya akan terkikis dan perlahan menjadi habis, maka perlu segera tahu cara mengganti wiper mobil. Supaya bisa dilakukan penggantian untuk memastikan fungsi wiper ini tetap  berjalan dengan normal. Salah satu tanda wiper perlu segera diganti adalah ketika diaktifkan akan muncul bunyi berdecit. Tandanya karet pada wiper sudah mulai habis atau tidak rata.

Keuntungan Mengganti Wiper Sendiri

Wiper yang berfungsi dengan baik akan meningkatkan keamanan dan kenyamanan mengemudi saat cuaca buruk. Wiper ini perlu dicek rutin karena memiliki masa pakai, jika sudah habis masa pakainya maka hasil sapuannya di kaca mobil akan menurun. Mengganti wiper bisa dilakukan sendiri karena memang terbilang mudah. Apabila melakukan penggantian secara mandiri tentu akan lebih hemat.

Tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk jasa mekanik yang memperbaiki wiper mobil Anda. selain itu juga lebih efisien, sebab bisa langsung dikerjakan ketika mendapati wiper eror. Maupun menunggu waktu luang, artinya perbaikan menjadi lebih fleksibel dan bisa dipercepat sesuai kebutuhan. Tidak perlu membuat mobil menginap di bengkel karena antri dengan mobil lainnya.

Hanya saja sebelum melakukan penggantian sendiri pastikan sudah mempelajari caranya, yakni sesuai penjelasan di atas. Apabila masih mendapati kesulitan maka mau tidak mau perlu menempuh pilihan membawanya ke bengkel Mobil. Namun, ilmu dari mempelajari cara mengganti wiper mobil meski belum bisa diaplikasikan secara maksimal tetap akan bermanfaat.

Butuh Jasa Service Mobil yang mau datang ke rumah atau kantor? Silahkan hubungi kami Service Mobil Gue 0821 2494 5550

Author: adm1nistr4tor

Leave a Reply